Translate

Euro Semakin Melemah

Wednesday, October 5, 2011 | Permalink

info rupiah indonesia - Kekhawatiran akan krisis Yunani semakin bertambah dengan diturunkannya rating utang Italia oleh lembaga Moody's Investor Service dari peringkat AA2 menjadi A2 dengan outlook negatif. Akibatnya LinkEuro melemah terhadap 8 mata uang teraktif saat ini Euro diperdagangkan pada level 101,85 Yen dan $1,3286 per dollar.

Tidak adanya tindakan kongkret guna mengatasi krisis di Yunani membuat investor cemas bahkan bursa saham Asia jatuh sehingga membuat mata uang Dollar menguat karena dianggap mata uang yang paling aman. Kegelisahan global ini akan terus menghantui pasar sampai kita melihat sesuatu yang dapat menenangkan situasi ini.

Tindakan cepat diambil The FED dengan memberikan informasi mengenai janji untuk mempertahankan suku bunganya yang rendah setidaknya sampai pertengahan 2013 dan mengurangi tingkat dibayar pada cadangan deposito bank atau membeli sekuritas lebih sekaligus memperingatkan anggota parlemen agar tidak membuat perubahan dalam kebijakan fiskal yang merugikan pertumbuhan. Sedangkan Bank Sentral Eropa masih akan mengadakan pertemuan besok guna membahas tindakan yang diambil sehingga memunculkan spekulasi diantara pengamat bahwa tindakan yang akan diambil adalah menurunkan biaya pinjaman.

Kelambanan mengambil tindakan penyelamatan krisis Yunani berimbas bagi mata uang Asia, sampai saat ini Rupiah sudah turun untuk hari ketiga yaitu berada pada level Rp8.940 per dollar AS. Melemahnya permintaan akan aset negara-negara berkembang yang memiliki resiko tinggi membuat rupiah terkulai namun diharapkan kita tidak panik karena Bank Indonesia tetap berada di pasar guna melindungi rupiah dan melakukan intervensi di pasar uang dengan mengatur pembelian dan penjualan mata uang asing. Walaupun rupiah mempunyai kecenderungan melemah namun kondisinya masih stabil (kurs Dollar Terhadap Rupiah Saat Ini)dan menunggu sentimen positif yang mampu mengatrol rupiah untuk menguat.

Beberapa komoditas yang bisa dijadikan investasi saat ini adalah emas, minyak mentah, tembaga, nikel, seng dan aluminium. Emas naik menjadi US$1.631,8 per troy ounce sedangkan minyak untuk pengiriman november naik menjadi $77,54 per barrel, tembaga naik 1,8% menjadi $6,922,75 per metrik ton di London Metal Exchange, seng naik 1 %, nikel naik 0,9% dan aluminium naik 1,5% sedangkan platinum turun 1,2% menjadi $1,460.50 per ounce.

0 comments:

Post a Comment

Indeks Dollar

ratrimoneychanger
Masukan Email Anda disini: