Translate

Rupiah Melemah Tajam

Tuesday, July 17, 2012 | Permalink

Info Rupiah Indonesia - Pasar Amerika Serikat dan sebagian Eropa ditutup melemah semalam. Hal ini merespons revisi turun proyeksi ekonomi global IMF dan penjualan ritel AS yang turun. Kemungkinan pasar Asia akan mengikuti hari ini.

Untuk rupiah, diperkirakan ada penjagaan BI karena rupiah saat ini pada level psikologis yang rawan. Nilai tukar rupiah kembali melemah tajam. Rupiah akan berada di antara Rp 9.460 dan Rp 9.480 per dollar AS. Penurunan itu terjadi di tengah bervariasinya Bursa Asia. Indeks Harga Saham Gabungan masih ditutup naik 0,69 persen menjadi 4.047,47. Harga minyak mentah juga masih naik, baik Brent maupun WTI. Harga Brent menjadi 104,4 dollar AS per barrel (+1,73 persen) dan harga WTI menjadi 88,43 dollar AS per barrel (+1,53 persen).

Dolar jatuh terhadap rekan-rekan paling utama di tengah spekulasi Federal Reserve Chairman Ben S. Bernanke yang akan mengisyaratkan pelonggaran moneter lebih lanjut dalam kesaksian hari ini. Mata akan tertuju pada Ketua Fed Ben Bernanke untuk setiap petunjuk dari stimulus baru ketika ia memberi kesaksian tentang perekonomian di depan Kongres. Bernanke akan memberikan laporan tengah tahunan pada ekonomi dan kebijakan moneter kepada Komite Perbankan Senat. Dia akan bersaksi kepada Komite Keuangan DPR Layanan besok.

Kurs dolar AS melemah terhadap euro untuk kedua sesi berturut-turut, tertekan sebuah laporan penjualan ritel AS turun 0,5 persen pada Juni . Itu adalah bulan ketiga berturut-turut angka tersebut turun dan meningkatkan spekulasi bahwa Federal Reserve bisa didorong untuk bertindak memperlonggar suku bunga jangka panjang sudah sangat rendah.

Pasar bereaksi dengan cara yang telah menjadi biasa dalam lingkungan saat ini. Semua orang tampaknya telah melompat kembali pada `bandwagon` (gerbong) untuk mengantisipasi bahwa Federal Reserve akan mengambil hati pasar dengan pelonggaran kuantitatif putaran ketiga.

Euro telah jatuh 3,7 persen dalam tiga bulan terakhir, penampilan terburuk bersama dengan Swiss franc di antara 10 negara berkembang. Yen merupakan pemenang terbesar dengan lompatan 6,4 persen diikuti dengan muka 3,6 persen oleh dolar. Euro berada di 96,40 yen dari 97,08 yen pada Jumat, sementara dolar berada di 78,83 yen, dibandingkan dengan 79,17 yen.

Euro akan tetap pada kecenderungan untuk menurun dalam jangka menengah hingga jangka panjang. Dibandingkan dengan Amerika Serikat, perekonomian wilayah euro memiliki lingkup yang lebih untuk pelonggaran moneter dan lebih rentan terhadap risiko penurunan.

Dolar kehilangan 0,2 persen menjadi $ 1,2291 per euro. Ini diperdagangkan pada 78,94 ¥ setelah kehilangan 1,1 persen dalam tiga sesi terakhir ke 78,87. Yen turun 0,2 persen menjadi 97,02 per euro. Mata uang umum itu berada di 78,49 pence setelah menyentuh 78,32 kemarin, terendah sejak Oktober 2008.

MSCI Asia Pacific Index (MXAP) saham menguat 0,7 persen.

Mata uang Singapura naik untuk hari ketiga setelah ekspor non-migas domestik naik lebih dari yang diharapkan pada Juni dari tahun sebelumnya.

0 comments:

Post a Comment

Indeks Dollar

ratrimoneychanger
Masukan Email Anda disini: